Film 3 Nafas Likas, Kisah Cinta Djamin Ginting

Posted by Ans

Film 3 Nafas Likas, Kisah Cinta Djamin Ginting - Film 3 Nafas Likas telah tayang. Kisah nyata tentang percintaan tokoh militer Djamin Gintings dan istrinya, Likas Gintings. Djamin Gintings adalah tokoh militer berpangkat letnan jenderal yang meninggal pada 1974, saat menjabat sebagai duta besar Indonesia untuk Kanada.

Film yang diproduksi Oreima Films ini disutradarai oleh Rako Prijanto, peraih piala Citra lewat Film Sang Kiai. Kisah 3 Nafas Likas bercerita tentang Likas pada periode waktu tahun 1930-an hingga 2000. "Mulai dari perang kemerdekaan, pergolakan revolusi, hingga masa kejayaan perekonomian Indonesia," kata Rako.

Proses syuting dijalani pada 26 April 2014 di beberapa wilayah di Sumatera Utara, terutama di Karo yang menjadi setting utama cerita, di Jakarta, serta di Ottawa, Kanada. Likas yang diperankan oleh Atiqah Hasiholan masih hidup dan sekarang berusia 90 tahun.

“Selama ini orang selalu mengaitkan sebuah kisah heroik dengan perjuangan fisik. Tapi, sebenarnya ibu rumah tangga seperti Likas juga memiliki kisah perjuangan tak kalah pentingnya,“ ujar Rako.

Para pemeran Film 3 Nafas Likas adalah Atiqah Hasiholan sebagai Likas, Vino G. Bastian (Djamin Gintings), Tutie Kirana (Likas tua), Arswendi Nasution (Ngantari Tarigan, ayah Likas), Marissa Anita, Mario Irwinsyah, Rina Hasyim, Ernest Samudera, dan aktris cilik Tissa Biani Azzahra yang memerankan Likas kecil.

Dalam mempersiapkan peran sebagai Likas, Atiqah harus berlatih dialek dan bahasa Karo, yang menjadi latar utama film ini.

“Meski saya keturunan Batak, tapi memerankan tokoh dari Karo menjadi tantangan luar biasa, karena kebudayaan Karo unik,” ujar Atiqah yang melewati sebuah proses pelatihan khusus.

Vino pun merasakan hal yang sama. Peran ini dianggap menantang. “Referensi tentang Djamin Gintings ini relatif sedikit. Karena itu saya harus melakukan observasi dan riset yang benar-benar maksimal,“ Vino menjelaskan. Film ini tayang pada Oktober 2014. (tempo)


Blog, Updated at: Thursday, October 02, 2014

0 komentar:

Post a Comment