Ini Dia Batik Baru Ala PNS Pemprov Sumut

Posted by Ans

Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho saat menggunakan baju batik 
gabungan dari semua etnis di Sumut, Kamis (2/10/2014)
Ini Dia Batik Baru Ala PNS Pemprov Sumut - Pegawai Pemprov Sumut mulai mengenakan seragam batik baru, Kamis (2/10/2014). Kepala Bidang Pengadaan dan Pembinaan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumut Kaiman Turnip yang dijumpai di lobi gedung utama Kantor Gubernur terlihat mengenakan batik motif baru itu.

"Ini batik motif baru. Ya batik Sumut juga namanya. Sama dengan yang lama, tapi ini motifnya diperbarui saya lihat," katanya pada wartawan, Kamis (2/10/2014).

Turnip mengatakan, penggunaan batik Sumut ini diatur dalam satu peraturan Gubernur Sumut. Untuk Kamis, pegawai Pemprov Sumut diminta mengenakan batik Sumut. Sementara Jumat, jajaran pegawai boleh mengenakan batik motif nasional.

"Jadi ini dipakai bukan karena Hari Batik Nasional, tapi memang sudah ada peraturan pimpinan soal pemakaian batik di hari Kamis dan Jumat," kata Turnip.

Seperti terlihat saat apel sore, mayoritas pegawai di jajaran Pemprov Sumut memang mengenakan batik dengan bahan dasar putih dan bercorak desain yang disebut mewakili semua etnik di Sumut. Sebagian lainnya ada juga mengenakan seragam batik lama yang didominasi warna coklat.

"Seragam batik baru saya luntur, salah pencuciannya kemarin," kata Ilham Yusuf, pegawai di Setda Provinsi Sumut.

Gubernur Gatot Pujo Nugroho beberapa waktu lalu mengatakan, batik yang dipakai di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara pada hari kerja yakni Kamis dan Jumat.

"Khusus Kamis, jajaran kami menggunakan pakaian seragam yang sudah dirancang  dengan menggunakan corak khas dari delapan etnis asli di Sumatera Utara yaitu Melayu, Batak Karo, Batak Simalungun, Batak Toba, Batak Angkola, Batak Mandailing, Pakpak, Nias, termasuk etnis pendatang," katanya. Sedangkan pada Jumat, para PNS boleh memilih batik dengan corak beragam.

Gatot mengakui, motif batik yang dipakai itu sudah melalui penelitian. Ini tidak terlepas dari peran Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sumatera Utara. Sebab Dekranasda yang melakukan penelitian dan pengkajian sehingga batik yang dipakai PNS saat ini memiliki motif yang istimewa.

"Yang saya tahu bahwa motif yang dipakai sekarang merupakan kajian Dekranasda Sumut dan Dekranasda Kab/Kota di Sumut bersama salah seorang desainer kenamaan asal Sumut, Merdi Sihombing," katanya.
(ton/tribun-medan.com)


Blog, Updated at: Monday, October 06, 2014

0 komentar:

Post a Comment