Pembangunan Tugu Jamin Gintings Disurvey Pangdam I/BB

Posted by Mawarta Media

mawarta.com - Medan, Selasa (28/05) Pangdam I/BB Mayjend TNI MS Fadhilah bersama dengan Kasdam I/BB dan Para Pamen TNI pada Senin (27/05) melaksanakan Survei Pembangunan Tugu Jamin Ginting di Depan Makodam I/BB.
Pangdam I BB didepan Tugu Jamin Gintings yang ada di Makodam I/BB (27/05)

Kilasan.
Jamin Ginting adalah pahlawan nasional dari suku Karo yang mana perjuangannya sangat penting dalam kancah TNI.

Jamin Ginting pernah Memimpin pasukan setelah kekalahan Jepang. Rencana jepang untuk memanfaatkan putra-putra Karo memperkuat pasukan Jepang kandas setelah Jepang menyerah kepada sekutu pada Perang Dunia ke II.

Jepang menelantarkan daerah kekuasaan mereka di Asia dan kembali pulang ke Negaranya. Sebagai seorang komandan, Jamin Ginting bergerak cepat untuk mengkonsolidasi pasukannya. Dia bercita cita untuk membangun satuan tentara di Sumatera Utara. Dia menyakinkan anggotanya untuk tidak kembali pulang ke desa masing masing. Ia memohon kesediaan mereka untuk membela dan melindungi rakyat dari setiap kekuatan yang hendak menguasai daerah Sumatera Utara.

Situasi politik ketika itu tidak menentu. Pasukan Belanda dan Inggris masih berkeinginan untuk menguasai daerah Sumatera.

Dikemudian hari anggota pasukan Jamin Gintings ini mucul sebagai pionir-pionir pejuang Sumatra bagian Utara dan Karo

Operasi Bukit Barisan pernah dilancarkan oleh Panglima TT I, Letkol Inf Djamin GintingsGintings guna mengatasi gejolak situasi politik dan ekonomi yang kala itu menguat.(int)

Berikut Galery Foto saat Pangdam Dilokasi Depan Patung Jamin Ginting.






(Sumber : Kodam I/BB; Kelompok informasi masyarakat mawarta.com)

Berita Lainnya


Blog, Updated at: Tuesday, May 28, 2019

0 komentar:

Post a comment