Aksi Save Tanah Karo Di Medan Aman dan Lancar

Posted by Mawarta Media

MawartaCJ - Gerakan Save Tanah Karo melakukan aksi peduli Sinabung dengan Kebaktian Minggu di Halaman Kantor Gubernur Sumatera Utara pada minggu, 24 Mei 2015 berjalan dengan baik. Aksi yang dihadiri sekitar 500an Massa ini tertib mengikuti alur yang telah dipersiapkan Penyelenggara Aksi.

Ibadah Kristen di halaman parkir Kantor Gubernur Sumut dilaksanakan dengan doa bersama dan perjamuan Kudus (Lakon Persadan Sibadia) yg dipimpin oleh Pdt.Agustinus Purba,MTh (Ketua Moderamen GBKP).
Aksi #Savetanahkaro digelar untuk meminta Presiden Jokowi menjadikan bencana Sinabung menjadi Bencana Nasional dan mengeluarkan Keputusan presiden untuk melakukan Tim Koordinasi Penanganan, Rehabilitasi, dan Rekontruksi Wilayah Bencana Erupsi Sinabung.

Sebelum melaksanakan Kebaktian dan Perjamuan Kudus di pelataran parkir Gubsu, sebagian massa telah berkumpul di Lapangan Benteng, Medan. Dari lapangan ini mereka melakukan long march ke Kantor Gubernur dengan dipandu oleh iringan musik dan nyanyian lagu-lagu Karo yang dibawakan oleh artis Karo, Bejeng Ginting. Selesai kebaktian doa juga dilaksanakan penandatanganan petisi. Acara ini juga dihadiri puluhan korban erupsi Gunung Sinabung yg berasal dari Gurukinayan, dibawah kaki gunung sinabung. Menurut  warga Karo  kerugian yang dialami masyarakat Karo terkait erupsi Gunung Sinabung ini sudah sangat merugikan ekonomi masyarakat pengungsi. Keluhan pengungsi pun diutarakan dalam acara ini yg hanya mendapatkan kekurangan bantuan dari pemerintah.
Pembubuhan Petisi oleh peserta aksi (joesby)

Peserta aksi yang tergabung dalam Doa #SaveTanahKaro berasal dari beragam organisasi; antara lain pejabat DPRD Sumatera Utara, DPRD Kota Medan, politikus Karo, akademisi, elemen pemerintahan, aktifis karo, IMKA, PERCAKA dan masyarakat karo dari berbagai organisasi lainnya.

Acara juga di isi dengan pembagian stiker secara gratis oleh peserta longmarch dan beberapa panitia Acara melanjutkan menuju lapangan merdeka medan untuk melihat pameran.

Sempat terjadi kemacetan atas aksi ini tetapi warga kota medan sangat mendukung aksi solidaritas tersebut. (JoeSby/4905ppwi)


Blog, Updated at: Monday, May 25, 2015

0 komentar:

Post a Comment