Bunga Ncole di Kemenangan Tani

Posted by Mawarta Media

Bunga Ncole adalah sejenis Tumbuhan hidup yang berjenis bunga yang wangi dan cantik. Dalam istilah Suku karo disebut Rudang. Bunga ncole ini seperti bunga melati tetapi batang dan daunnya seperti tumbuhan rempah kunyit dan daunnya agak lebar. bunganya sangat Putih dan tumbuh dipucuk dari batangnya.

Dahulu Bunga ncole ini banyak tumbuh di Tanah karo Simalem/ Dataran Tinggi Karo, namun saat ini keberadaan bunga tersebut semakin jarang dan kebanyakan tumbuh di daerah yang sulit ditemukan. Bagi sebagian besar masyarakat m, dan kebanyakan masyarakat mengenal bunga ncole dari sebuah judul lagu daerah karo yang mengangkat langsung Nama bunga tersebut sebagai Judul. Di Kota Medan ada sebuah nama jalan dengan status jalan kota yang memakai nama Bunga Ncole Raya yang merupakan letak kantor urusan pemerintahan di Kelurahan Kemenangan Tani Kecamatan Medan Tuntungan Kota Medan.

Sewaktu saya berkunjung kerumah saudara di daerah Perbatasan Langkat dan Tanah karo tepatnya daerah Pamah Simelir Kabupaten langkat saya menemukan keberadaan bunga tersebut yang tumbuh diantara semak belukar didaerah pinggiran kolam milik mantan wakil bupati langkat.

Saya mencoba browsing melalui mbah google untuk mencari penjelasan mengenai Bunga Ncole, namun tidak saya temukan, dan yang muncul adalah mengenai Lagu Bunga ncole dan hampir semua terkait ke Karo. Muncul Pertanyaan Apakah Bunga Ncole ini Memang Bunga Khas dari Daerah Karo?

Tumbuhnya di semak-semak
Bunga Ncole tersebut tumbuh liar dan tidak terawat. Ketika saya bertanya kepada salah seorang anak-anak yang sedang menjaga kerbaunya makan perihal bunga tersebut, dia berkata disini banyak tumbuh dengan liar bunga ncole ini dan sebagian masyarakat malah menggunakan bunga tersebut sebagai pencuci mata agar mata bersih dan lebih terang. 

Saya bingung, namun anak tersebut segera mencontohkannya dengan memetik bunga ncole tersebut langsung di pucuknya yang berbunga berwarna putih dan indah serta memang terlihat segar. Anak tersebut membuang bunganya dan dari kelopak bunga yang diputikkan lalu diteteskannya air yang ada dikelopak bunga tersebut kepada kedua biji matanya. Lalu saya bertanya apa tidak pedas rasanya, sianak menjawab segar katanya. karena penasaran saya juga turut mencobanya.

Karena hari telah sore dan perjalanan masih panjang, lalu saya mencabut beberapa batang berikut dengan tanahnya untuk ditanam di tempat tinggal saya dengan harapan dapat tumbuh dan dapat melihat indahnya bunga ncole yang putih bersih. Sianak sempat berkata susah tumbuhnya jika daerah bersuhu panas.

Batang dan Bunga dari Bunga Ncole
Sesampainya di Medan saya upload foto di facebook pribadi dan rekan-rekan tim mawarta.com mendapat ide untuk mencari tahu mengenai pengembangan bunga tersebut karena katanya pak camat Medan Tuntungan ada komen soal pengembangannya. Dan melalui Fb Karang Taruna Kemenangan Tani dan mawarta munculah foto tersebut dengan beberapa tanggapan yang antara lain bahwa 'Tidak jadi masalah jika bunga bunga jarang ditemukan, seperti bandung yang disebut salah satu kota kembang tapi nyatanya kembangnya tidak ada kita jumpai di jalanan, kata Yunika yuni dan ada juga tanggapan dari Masliana Sari S yang mengatakan baru tahu bahwa bunga tersebut bentuknya seperti gambar serta Masta Bangun mengungkapkan "kalau mau bunganya tumbuh di Kemenangan Tani cari tau syarat tumbuh bunga tersebut". Semoga Tulisan ini dapat bermanfaat bagi yang belum mengetahui bagaimana Bunga Ncole. (red/4905)


Blog, Updated at: Monday, January 12, 2015

0 komentar:

Post a Comment