Pecahkan Rekor Muri Dengan Penanaman Pohon Aren

Posted by Mawarta Media


mawarta.com - Dalam rangka menyambut Hari Bumi pada tanggal 22 April dan hari lingkungan Hidup 5 Juni 2016 mendatang, kami dari Forum Bumi Hijau akan melakukan program penanaman AREN sepanjang jalan Negara 294 Km Antara Medan (Sumatera Utara) dan Blang Kejeren (NAD). Mari selamatkan jalan Negara antara Medan dan Blang Kejeren sepanjang 294 KM bebas Longsor dengan Pohon AREN.

Akar Pohon Aren sangat baik untuk mengikat tanah agar tidak Longsor, akarnya bisa mencapai panjang 8 Meter dan Pohon aren adalah pohon kehidupan, semuanya berguna, termasuk berguna bagi rakyat sekitar, mengambil hasilnya tanpa menebang Pohonnya. Pohon Aren adalah "pohon Kehidupan", berguna dari akar hingga pucuk Daun.

Renana penanaman dilakukan pinggir jalan dengan jarak tertentu dan ditempat yang berpotensi Longsor atau rawan Longsor. Prospeknya, Pohon aren akan sangat berguna bagi masyarakat setempat untuk dikelola sebagai sumber ekonomi, melalui pengelolaan yang disiplin dan bijaksana.

"Mari Bergabung dalam Gerakan Penanaman Pohon AREN Sepenjang Jalur Jalan Negara 294 KM Antara Kota Medan (SUMUT) & Blang Kejeren (NAD) khusus di Daerah / Titik Rawan Longsor dan berpotensi longsor". Mari bergabung menjadi sukarelawan secara Individu/ Organisasi / Lembaga dengan mengirimkan No HP/ alamat email ke Inbox FB Forumbumi Hijau, Untuk Suksesnya Program bersama kita ini.

Jadwal penanaman aren akan dimulai dari "pembukaan" tgl.22 April 2016 (hari Bumi) hingga "puncaknya" tgl. 5 Juni 2016 (Hari lingkungan hidup). Menuju acara tersebut kita akan mengadakan diskusi dengan Sukarelawan dimasing-masing daerah yang di Lintasi, antara lain ; Medan, Deliserdang, Karo, Dairi, Aceh Tenggara dan Gayo luwes.

Kenapa kita mengusulkan menanam pohon aren ?

Aren, menghasilkan bio etanol pengganti pengganti Bahan Bakar Minyak (BBM), Pohon aren bisa menghasilkan bensin dan solar, Ini sekaligus bisa menjawab krisis energi bangsa ini. Pohon aren menghasilkan gula yang kemudian dikonversi menjadi bio etanol. Selain itu pohon aren juga menghasilkan sagu, kolang-kaling, umbut, madu (dari bunganya) atau ijuk (sudah digunakan untuk jok-jok mobil mewah di Eropa). Kayunya juga bisa dimanfaatkan dan sangat kuat. Gula aren juga dinyatakan lebih sehat ketimbang gula putih dari tebu, sudah dikenal sebagai gula diabetes, bisa juga sebagai ingridien obat asma.

Fungsi lainnya, dengan menanam pohon aren bisa juga untuk mencegah tanah longsor dan erosi.Pohon aren juga ternyata tidak “manja”. Artinya dalam pemeliharaan tidak membutuhkan pupuk dan pestisida. Dengan membudidayakan pohon aren secara massal akan membuka seluas-luasnya lapangan kerja. Ujung-ujungnya bisa mendongkrak pendapatan masyarakat setempat. Harapan kita pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten bisa Mendukung kegiatan ini dengan penuh, termasuk Unsur TNI / Polri sebagai sebuah institusi dan tidak ketinggalan dari pihak swasta secara lembaga dan perorangan dan juga dari unsur ormas dan okp serta tokoh agama serta tohoh adat dan semoga dapat Memecahkan Rekor Muri(Benson Kaban/ 4905Ppwi)


Blog, Updated at: Friday, March 11, 2016

0 komentar:

Post a Comment