IMKA Erkaliaga Fakultas Hukum USU Adakan Seminar Anti Korupsi

Posted by Mawarta Media


mawarta.com - IMKA ERKALIAGA Fakultas Hukum USU mengadakan seminar yang bertemakan “Mahasiswa Sebagai Kader Pemimpin Anti Korupsi”. Seminar ini diadakan di Gedung Peradilan Semu USU pada tanggal 08/03/2018.

Tampak hadir dalam acara ini AKBP Jadiaman Sinaga, S.S., S.H, MH Penyidik Madya Tipikor POLDASU, Binsar Siregar, SH, M.Hum Hakim Pengadilan Tinggi Medan, Drs. Maruli Tua Tarigan, ST anggota DPRD Sumut, Gary Purba Pema MENKOPOLHUKAM, Dr. Mahmud Mulyani S.H., M.Hum Dosen Pidana Fakultas Hukum USU sekaligus juga sebagai moderator. Tak hanya mahasiswa USU, IMKA Arih Ersada dari kampus UNIKA juga hadir dalam acara ini.

Ketua IMKA Erkaliaga FH USU Immanuel Sembiring mengatakan bahwa tujuan dari IMKA Erkaliaga FH USU mengadakan seminar ini yaitu yang pertama menunjukkan bahwa IMKA bukan hanya bergerak dalam basis kebudayaan saja tapi juga ikut memperhatikan isu-isu yang berkembang di Negara Indonesia saat ini terutama mengenai korupsi.

Kedua yaitu seminar tersebut sebenarnya sebagai sumbangsi ilmu pengetahuan bagaimana sebenarnya supaya mahasiswa nantinya sebagai kader pemimpin masa depan itu tidak terpengaruhi oleh lingkungan yang korupsi. Artinya mahasiswa sebagai pemberi perubahan pada mereka yang memimpin saat ini. “Pasti ada regenerasi antara pemimpin yang saat ini dengan kita nantinya. Ketika nanti kita yang memimpin, bagaimana kita untuk memberantas korupsi ini? Harapan saya pribadi KPK nanti bisa berubah nama dari Komisi Pemberantasan Korupsi menjadi Komisi Pencegahan Korupsi” ujar Immanuel dari Departemen Ilmu Pidana FH USU.

Dalam pemaparan materi Jadiaman mengarahkan supaya manusia tidak hanya mengedepankan pendidikan saja tetapi juga moral.

Binsar yang juga merupakan alumni FH USU mengajak mahasiswa untuk berperan dalam pemeberantasan Tindak Pidana Korupsi (TIPIKOR). Beliau mengidentikan bahwasannya generasi muda yakni generasi yang bersih sementara generasi tua yakni generasi yang berpikir koruptor. Untuk itu beliau mengajak mahasiswa untuk menjadi generasi muda yang bersih. “Generasi muda tidak mengikuti hal-hal negatif seperti para koruptor, harapan kita kepada mereka khususnya kepada mahasiswa golongan muda ini yakni pembaharuan dan pembangunan bangsa ini, kita generasi muda betul-betul muda dalam segala hal” ujar Siregar.

Maruli Tarigan berharap agar manusia bekerja keras, jujur, dan rajin berdoa. Selain itu Gary Purba dari Pema USU menyebutkan bahwasannya orang yang korupsi yaitu orang yang tidak takut akan Tuhannya. Untuk itu Gary berharap agar kiranya generasi muda meningkatkan budaya membaca dan menulis. (sal/4905ppwi)


Berita Lainnya


Blog, Updated at: Thursday, March 08, 2018

0 komentar:

Post a comment